by

Zaenal Cello : Menyadari Kesuksesan di Bisnis Karena Dijalankan dengan Hati

W-MLM Jakarta, Tekanan hidup yang kuat mampu diatasi dengan fokus dan kejujuran hati. Inilah merupakan titik balik dari kehidupan seorang Zaenal Callo di bisnis NUTREND.

Tepatnya 3 Oktober 2007, Zaenal Callo memutuskan untuk fokus menekuni bisnis NUTREND yang pada akhirnya bisa merubah kehidupannya. Keputusannya tersebut setelah salah seorang kolega memperkenalkan bisnis ini dan mengajaknya untuk turut bersamanya membesarkan bisnis MLM tersebut.

Sebelumnya pria kelahiran Sulawesi ini sebagaimana masyarakat kaum urban lainnya yang tinggal kota besar seperti Jakarta, bekerja kantoran sebagai karyawan sebuah BUMN. Ia berkarier disana sejak tahun 1990 sampai 1994. Selanjutnya karena suatu hal ia berhenti lantas pindah bekerja pada salah satu bank swasta nasional.

Hingga suatu saat di tahun 1998 terjadi krisis ekonomi yang melanda dunia. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, krisis tersebut juga melanda Indonesia yang mengakibatkan bank tersebut terpaksa dilikuidasi dan Zaenal terpaksa berhenti bekerja. Ternyata sampai sana, belum selesai pula kesengsaraan menimpa dirinya tersebut.

Bisnis selanjutnya yang ia geluti dan tekuni mulai dari ekspedisi, travel, event organizer, usaha sapi potong, dan lain-lain, setelah hengkang dari bank tempat mencari nafkah sebelumnya luluh lantak dalam sekejab. Namun yang paling menyedihkan saat mendapati rumahnya terbakar habis 2001 lalu, bahkan istrinya turut pula terbakar sangat parah hingga musti dirawat selama 2 bulan di rumah sakit. Otomatis sejak saat itu, kehidupannya menjadi tak menentu. Untuk pengeluaran sehari-hari dan biaya pengobatan istrinya selama di rumah sakit, pria paruh baya ini sampai harus berhutang sebanyak hampir satu milyar rupiah.

Singkat kata, guna menyambung hidup ia akhirnya berbisnis NUTREND dan hal itu dilakukan atas saran dari bapak Kuan Cen, orang yang memperkenalkan bisnis NUTREND sekaligus sebagai upline-nya. Bisa dikatakan saat itu Zaenal hanya modal nekad, sebab jujur saja ia sama sekali buta sebelumnya dalam hal bisnis jaringan. “Saya bergabung bukan karena diajak oleh orang yang saya kenal, tetapi karena terobsesi bahwa perusahaan ini adalah perusahaan besar yang didukung penuh oleh PT Sido Muncul yang namanya sudah mendunia,” ujar Zaenal menambahkan.

Sebagaimana bisnis MLM lainnya, berbagai kendala kerap dialami olehnya di awal-awal menjalani. Namun demikian segala musibah yang telah dialaminya justru menjadi cambuk untuk berjuang terus pantang mundur. Ia pun menyadari bahwa bisnis jaringan adalah merupakan bisnis hati. Sehingga dalam mengembangkan bisnis ini ia melakukannya sungguh-sungguh dengan hati disertai kejujuran. Pada tahun-tahun pertama, ia bekerja keras membangun jaringan. Siang malam hingga 18 jam waktunya dihabiskan olehnya untuk melakukan prospek terus secara kontinyu. Tidak segan pula ia turun langsung ke lapangan untuk melakukan pembinaan, baik yang dilakukannya sendiri maupun bersama-sama dengan managemen perusahaan. Ini dilakukannya dari kota ke kota sampai ke pelosok negeri.

Salah satu hambatan yang masih diingatnya adalah, kala itu seringkali ketika ia  membuat janji  dengan mitra untuk melakukan presentasi, tapi  ternyata tak ada satu orang pun yang datang. Namun semua itu saya anggap biasa saja dan sebagai tantangan. Disamping itu dalam menjalankan bisnis tersebut, ia tak mau menjual mimpi. Ia mengatakan yang sebenarnya tentang bisnis ini serta tidak sesumbar soal produk yang ditawarkannya.

Kunci dari strategi bisnis yang dijalaninya selama ini adalah fokus, konsentrasi disertai kejujuran. Terbukti di bulan pertama menjalani bisnis NUTREND, ia mampu meraih penghasilan Rp 3,6 juta, lalu di bulan ke-2 meningkat menjadi Rp 7 juta dan pada bulan ke-3 berkembang lagi menjadi Rp 12 juta. Ini membuatnya begitu terkesan dengan penghasilan yang diterima. Zaenal pun semakin giat dan bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan pendapatannya.

Sementara itu dari sisi produk yang ia tawarkan, sejauh ini pupuk Bio Organik Herbafarm yang paling laris di pasaran. Diikuti kemudian oleh pupuk untuk ternak, tambak, ikan,  udang dan produk-produk suplemen seperti, Rooibostea, Susu Collatrend, dan Chloromint.

Dengan strategi yang diterapkannya selama ini terbukti hanya dalam waktu dua tahun, ayah dari 3 orang ini telah mendapatkan 2 buah mobil dari bonus menjalankan bisnis NUTREND. Sampai saat ini pula jumlah mitranya telah berkembang pesat mencapai  38.000 orang yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, mulai dari  Lampung, Palembang, Bengkulu, Padang, Medan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Manokwari sampai Jayapura.

Selain itu sejak ia bergabung di anak perusahaan PT Sido Muncul ini, hanya dalam waktu dua tahun hutang-hutangnya bisa lunas. Prestasi lainnya dari segi finansial telah tercukupi. Dirinya yang kini pemegang posisi tertinggi di bisnsi NUTREND sebagai Blue Diamond Manager mengatakan, bahwa 99% impiannya telah terwujud. Dan satu hal lagi untuk melengkapi kebahagiaan yang ingin dicapai, yaitu di tahun 2013 ini ia bersama keluarga akan melakasanakan ibadah haji.

(VIKO SUDIRO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed