by

Widodo Ssi Apt : Keberhasilan itu Pasti Ada Tantangannya

W_MLM Jakarta, “Hidup adalah pilihan”, itulah yang sering kita dengar. Tetapi kebanyakan orang tidak menyadari sedang memilih hidup yang seperti apa. Itulah pula yang terjadi dalam kehidupan seorang Rahayu Widodo Ssi Apt atau yang akrab disapa Widodo selama 10 tahun sebelum akhirnya beliau benar-benar menyadari. Sebagaimana biasanya, setelah lulus kuliah mencari pekerjaan, menjadi karyawan di salah satu instansi seolah merupakan satu-satunya pilihan yang harus dipilih.

Widodo menjalani profesi sebagai Apoteker dan bekerja di Apotek sejak tahun 2000. Setelah menjalani kehidupan ‘normal’ selama 10 tahun sebagai karyawan dengan istilah 11P, “pergi pagi pulang petang pinggang pegel-pegel penghasilan pas-pasan potong pinjaman”, barulah beliau menyadari bahwa sulit sekali nasib akan berubah kalau tidak dimulai membangun bisnis sendiri. Diawali dengan membuka usaha bimbingan belajar dan apotek, ternyata juga tidak mudah. Bahkan usaha apotek bangkrut, dan ia kembali lagi menjadi karyawan.

Tapi di samping itu, pekerjaan juga bertambah dengan mengajar di sebuah Politeknik Kesehatan di UGM Yogyakarta. Namun semua itu selalu disyukuri olehnya sebagai pembelajaran dalam perjuangan hidup. Sampai suatu saat ia mendapatkan tawaran bisnis MLM, dan saat itu langsung ditolaknya. Karena menurutnya dulu bisnis ini adalah bisnis untung-untungan, tidak adil, dan sering tipu menipu.

Tetapi begitu banyak teman-teman yang menawarkan MLM dengan berbagai produk. Akhirnya Widodo mulai berpikir “Ada apa dengan MLM?”. Mencoba mencari tahu dan konsultasi ke beberapa orang yang dianggap bijak. Sampai pada akhirnya beliau mengerti  bahwa ada juga MLM yang benar sebagai sebuah bisnis yang sangat sosial dengan bagi hasil yang sangat menguntungkan dan  lebih adil.

Ketika ditawari Bisnis AVAIL dari Ibu Sri Sudewi yang juga sekaligus upline-nya,  sang istri lah yang pertama kali menyambut baik bisnis ini. Karena istrinya memang punya keluhan kewanitaaan saat menstruasi. Setelah merasakan keuntungannya sendiri, langsung terpikir baginya betapa banyak wanita yang akan membutuhkan produk AVAIL ini. apalagi secara fundamental produk ini berbeda dengan yang ada di pasaran, yaitu mengusung konsep “Pembalut Sehat Aman yang merawat rahim dan multi fungsi”.

Ketika istrinya memintanya untuk menjalankan bisnis ini, Widodo merasa malu. “wah malu bu, laki-laki kok bisnis pembalut.” Ucapnya pada saat itu. Justru karena pembalut dibutuhkan rutin dan wajib, bisnis ini sangat berpotensi menurut sang istri. Setelah 3 bulan berpikir, akhirnya ia memutuskan untuk bertemu upline yang saat ini juga menjadi Mentor, Crown Manager bapak Eko Teguh Priyanto.

Bersama istri menggerakkan bisnis MLM yang satu ini, hanya bermodalkan menggadaikan BPKB motor untuk membeli produk. Tetapi mereka tetap yakin dan terus bergerak. Menjalankan bisnis AVAIL dilakukan disela-sela waktu kerjanya. Setelah mengajar di kampus, sore hari bersilaturahmi sambil presentasi pada teman-teman, sebelum beerja lagi di apotek pada malam harinya. Istripun terus bergerak di sela-sela aktivitas mengurus rumah dan anak.

Hanya dalam waktu 1 tahun bisnis ini memberikan pendapatan perbulannya lebih dari 5 kali gaji pada saat bekerja. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk fokus berwirausaha di AVAIL, dan memang hasilnya luar biasa. Menekuni bidang MLM adalah sebuah tantangan hidup terbesar menurut seorang Widodo yang juga seorang pekerja keras. Selalu berada di lingkungan orang-orang yang positif dan berdekat-dekat dengan orang-orang sukses, membuat semangat dan emosi terjaga dan semakin kuat. Terlebih desakan dari dalam, untuk memiliki rumah sendiri membuatnya fokus pada impian bukan pada masalah.

Tidak mungkin keberhasilan bisa dicapai tanpa ada tantangan dan perjuangan. Masalah dari luar menjadi terasa kecil ketika kami mampu mengatasi masalah dari dalam diri. Terus mau belajar, memiliki keyakinan diri, pengelolaan emosi diri, sikap yang positif, dan tindakan yang konsisten adalah kiat sukses dalam berbisnis ia tuangkan untuk pebisnis-pebisnis muda yang siap menjalankan tantangan dalam bisnis MLM. Berani membuat impian besar, mau rendah hati, konsisten dan tawakal adalah modalnya untuk terus berjalan menuju kesuksesan yang lebih besar.

Pendekatan dengan semangat kekeluargaan ini pula yang mereka terapkan di AVAIL, suasananya begitu cair meskipun tetap serius. Membangun hubungan baik dengan orang lain serta membangun leadership yang baik adalah kunci. Bila kita fokus pada keberhasilan diri sendiri saja, maka bisnis tidak akan berkembang. Fokus pada keberhasilan mitra-mitra kita, itulah yang akan memberikan kegairahan dan perkembangan bisnis yang luar biasa.

Memberi keteladanan serta mewadahi mitra dengan sistem yang terbukti, menjadikan duplikasi berjalan dan perkembangan bisnispun akan mengikuti pola eksponensial (berlipat ).

Inilah bisnis yang memenuhi dua syarat sebagai bisnis yang bagus, yaitu nilai tambah dan laverage (daya ungkit)  karena polanya bukan bertambah tetapi berlipat. Alhamdulillah dari bisnis AVAIL ini, impian Widodo dan keluarga mulai terwujud satu persatu. Awalnya beliau hanya ingin memiliki pendapatan 5 jt/bln saja, tetapi yang didapatkan sekarang 9-10 kali lipat dari itu setiap bulannya. Trip AVAIL yang pernah dijalaninya adalah ke Malaysia, Hongkong, Beijing Cina, ke Pabrik di Huizhou, dan ke Thailand.

Dengan posisinya sekarang sebagai Diamond Manager, ia bersama istri, Eni Purwaningsih S.Pd yang merupakan Gold Manager sudah dapat melakukan sesuatu hal yang bermanfaat. Hal yang lebih terasa berarti adalah karena ada ratusan orang di grupnya yang juga sudah menikmati bonus diatas 1 juta, 10-20 juta, bahkan ada yang sudah mendapatkan diatas 20 juta perbulan. Bersyukur beliau bisa turut mengentaskan banyak orang dari kemiskinan dan membantu ribuan orang mendapat manfaat sehat dari produk AVAIL yang luar biasa.

Baginya, berawal dari tidak bermodal bisa sampai di posisi sekarang adalah anugrah yang luar biasa. Keluarga pun sangat menghargai pencapaian ini. Sejak bergabung dari tahun 2008, Widodo berhasil mencapai puncak kesuksesan pada saat beliau menjadi Top Leader dan mendapatkan beberapa penghargaan seperti Peraih Top 5 Diamond Manager 2012 dan Terpilih menjadi anggota A-Team (Leader Nasional paling inti di AVAIL). Hal yang sangat mengesankan bagi Widodo dan istri adalah dari bisnis ini mereka bisa memiliki rumah sendiri, sesuatu yang sudah diimpikan sejak beberapa tahun lalu. Selain menjadikan hidup lebih tertata, rumah ini sekaligus menjadi tempat berkumpul (base camp) bersama mitra-mitra.

(REHAN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed