by

Berkuliah Sambil Menekuni Bisnis MLM

W-MLM Jakatra, Gemar membaca buku inspirasi, membawa Jony Kosasih seorang mahasiswa semester akhir jurusan teknik elektro di Universitas Atma Jaya Jakarta ini berpikir ingin melakukan bisnis. Membaca buku berjudul Cashflow Quadrant karangan Robert T Kiyosaki, menjadi awal dirinya memiliki harapan untuk membangun bisnis sendiri yang lebih memiliki waktu bebas dibandingkan harus menjadi seorang karyawan yang terikat dengan jam kerja. Tidak hanya senang membaca buku yang menginspirasi saja tetapi Jony juga mencari seminar yang berkaitan dengan bebas waktu dan financial sesuai dengan keinginannya.

Meski pada saat itu ia sedang berkuliah, Jony tetap bersemangat menghadiri seminar yang jadwalnya tidak mengganggu jam perkuliahan. Pengalaman mengikuti seminar setelah pulang kuliah, yang berlokasi di Bintaro juga sempat ia hadiri, sampai- sampai pulang ke rumahnya yang berada di Depok baru tiba pukul 2 pagi.

Kegigihan dan semangat anak muda ini terus berlanjut demi untuk memulai bisnis yang sudah ada dalam benaknya. Hanya ketika itu ternyata keinginan untuk memulai bisnis tampaknya menghadapi kendala, Jony harus berhadapan dengan modal. Namun demikian, keterbatasan materi tidak membuat dirinya patah harapan, walau pun ia sangat menyadari sebagai mahasiswa hanya memiliki uang  jajan yang bisa dikatakan pas-pasan.

Hanya pada satu kesempatan, pertemuan Jony dengan salah satu senior di kampusnya ternyata dapat memberikan jalan keluar bagi Jony dalam menggapai angan – angannya. Jony sangat terkesan saat berbincang – bincang dengan senior di organisasi kampusnya, mendengar kesuksesan senior secara financial dan bebas waktu setelah sudah lebih dahulu bergabung dan menjalankan bisnis MLM. Melalui pertemuan singkat tersebut, akhirnya Jony tertarik dan memberanikan diri mencoba menjalankan bisnis MLM. Pendapat lain juga disampaikan Jony mengenai modal yang terjangkau ketika berbisnis MLM.

Bergabung sejak 1 Mei 2010 dengan perusahaan MLM yang menawarkan produk kecantikan dan kesehatan, kini Jony sudah menjadi distributor dengan level manajer di perusahaan MLM Kangzen Kenko  (KK Indonesia). Pelatihan yang didapatkan dari perusahaan MLM semakin membentuk karakter dirinya dan meyakini impiannya dapat terwujud di bisnis MLM. Keberhasilannya selama mengikuti bisnis MLM tentunya didorong semangat dan prinsip dalam hidupnya.

Bagi pria yang aktif dalam organisasi kampus ini, terdapat empat prioritas hidup yaitu ; Tuhan, keluarga, kuliah (bagi mahasiswa), dan bisnis atau karier. Urutan tersebut menjadi panutan Jony dimana ke-empat-nya dilakukan tidak boleh tertukar atau terbalik – balik. Menurutnya apabila urutan tersebut dilakukan secara acak dan terbalik, maka hidup kita juga akan berantakan atau tidak teratur.

Ia juga berpendapat bisnis MLM tidak seburuk apa yang dibayangkan kebanyakan masyarakat. Menurutnya, ada 3 alasan kenapa masyarakat tidak mau bergabung untuk menjalankan bisnis MLM, pertama adalah tidak mengetahui bisnis MLM itu apa. Kedua, trauma atas penipuan  yang dilakukan oleh oknum yang mengatas namakan bisnis MLM padahal money game. Ketiga, rasa gengsi yang masih ada, padahal bagi yang sudah faham, bahwa sebenarnya bergabung dan menjalankan bisnis MLM itu mulia, karena bisnis ini bisnis  luar biasa yang tidak sekedar membuat sukses diri sendiri, tetapi juga membuat orang lain pun sukses.

Menjadi mahasiswa sekaligus menjalankan bisnis MLM, Jony pun harus pintar membagi waktu agar keduanya seimbang. Jadwal kuliah yang tidak padat, ia manfaatkan untuk menjalankan bisnis ini. Waktu yang sebelumnya untuk pergi ke mall dan berkumpul hanya menghabiskan waktu, kini ia pergunakan dengan baik untuk menekuni bisnis MLM sampai sekarang.  “ Pay Now, Play Later” konsep itu juga yang diyakini Jony, harga yang harus dibayar sekarang ini, kalau tidak dibayar sekarang pasti Anda harus bayar nanti.

Tepatnya kalau sekarang selagi masih muda kita bersantai-santai ria, maka pada hari tua kita, yang seharusnya kita sudah bisa menikmati hidup, tapi malah akan tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Sebaliknya apabila kita selagi muda bisa meninggalkan kesenangan sesaat dan fokus dengan menjalankan hal positif dengan menjalankan bisnis MLM, maka dihari tua kita, kita sudah tinggal menikmati hasilnya.

(LERI TRIWAHYUNI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed